Dunia 3 Dimensi
Konsep Dasar 3 Dimensi:
Grafik Komputer Tiga Dimensi (3D) adalah pembuatan objek gambar dengan menggunakan 3 titik sebagai acuannya yaitu sumbu x, y dan z yang kemudian ditinjau secara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat terlihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan pada grafik 3D ini banyak bergantung pada algoritma-algoritma.
Grafik komputer tiga dimensi (3d) sering disebut sebagai model 3D. Selain itu, grafik diberikan model terkandung dalam data file grafik. Namun, ada perbedaan. Model 3D adalah perwakilan dari setiap objek tiga-dimensi (baik mati atau hidup). Sebuah model tidak teknis grafis sampai secara visual ditampilkan. Karena cetak 3D, model 3D tidak terbatas pada ruang virtual. Sebuah model dapat ditampilkan secara visual sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering, atau digunakan dalam simulasi komputer non-grafis dan perhitungan.
Karakteristik :
Karakteristik pada grafik komputer 3D yaitu Frame layar tampilannya luas. Obyek gambar disajikan dalam sumbu x, y, dan z. Kemudian juga dapat menampilkan gambar yang timbul (tidak flat) dan terlihat membentuk seperti ruang.
Perbedaan 2 dimensi dan 3 dimensi
2 Dimensi :
·
Tampilan hanya dapat
dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
·
Hanya memiliki
koordinat X,Y
·
Hanya memiliki panjang
dan lebar.
·
Frame layar terbatas
·
Tidak menggunakan efek
cahaya.
·
Pewarnaan hanya
menggunakan dasar warna.
3 Dimensi :
·
Tampilan dapat dilihat
dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
·
Memiliki koordinat
X,Y,Z
·
Memiliki panjang,
lebar, dan tinggi.
·
Frame layar lebih
luas.
·
Banyak menggunakan
efek cahaya.
·
Pewarnaan dengan
warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.
Bagaimana menggambar sumbu 3 dimensi ?
Benda 3 Dimensi dan komputer
- Pembuatan lokasi titik 3D
- Manipulasi titik 3D
- Transformasi titik 3D menjadi
2D
Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D
Ada 3 macam proses untuk menghasilkan
lokasi titik 3D :
- Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse 3D, scanner 3D dan berbagai peralatan lain
- Menggunakan parametric surface
- Menggunakan
prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution.
Scanner 3D
Parametric Surface
Permukaan parametrik adalah permukaan dalam ruang Euclidean yang didefinisikan oleh persamaan parametrik dengan dua parameter Representasi parametrik adalah cara yang sangat umum untuk menentukan permukaan, serta representa
si implisit. Biasanya digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya
Extrude
Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu.
Survace Of Revolutin
Representasi Objek 3D
Batasan objek dapat dibentuk dari berbagai kombinasi bidang
datar dan kurva
Representasi objek 3D :
- Mesh
- Rumus Matematika
- Titik Profile
Mesh
merupakan kumpulan titik 3D yang saling dihubungkan. Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe model Permukaan benda (surface) diperoleh dengan menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk segiempat atau segitia. Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar).
Mesh dengan surface segi-empat disimpan sebagai record :
Point3D = record x,y,z:real;
end;
Mesh = record jumvertex,jumedge:integer;
vertex : array [1..1000] of Point3D;
edge : array[1..1000,1..2] of integer; end;
Komentar
Posting Komentar